PROFIL SEKOLAH
I. IDENTITAS
SEKOLAH
1. NamaSekolah :
SD NegeriKarangjati 04
2. NSS :
1010 32213081
3. Provinsi :
Jawa Tengah
4. Kecamatan :
Bergas
5. Desa / Kelurahan : Karangjati
6. Jalan / Nomor : -
7. Kode Pos : 50552
8. Telepon : 0298 – 525439
9. Satus Sekolah : Negeri
10. Kelompok Sekolah : SD Imbas
11. Akreditasi : A
12. No.Akte Pendirian : No. 421.2/
neg/07743/1995
13. Penerbit SK
ditandatangani : Gubernur
14. Tahun Berdiri : Tahun 1995
15. Tahun Perubahan : Tahun 1995
16. Kegiatan Pembelajaran : Pagi
17. Luas Tanah Sekolah : 2390 M2
Tanah yang dikelola SD
Negeri Karangjati 04 untuk :
Bangunan SD dan sarana / prasaranalainnya
Rumah Dinas Penjaga.
II. VISI :” BERPRISTASI TINGGI
BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA “
III. MIISI :
- ร Taqwa
kepada Tuhan YME serta berbudi luhur melalui pendidikan agama.
- ร Memberdayakan
pembelajaran yang efektif, kreatif, aktif,dan menyenangkan untuk mencapai prestasi.
- ร Mengintensifkan
pengembangan ketrampilan hidup untuk kemandirian peserta didik.
- ร Menciptakan
suasana kondusif dalam membentuk pribadi peserta didik yang berlandaskan iman dan taqwa.
- ร Memperkenalkan
sarana tehnologi modern untuk menuju era globalisasi.
- ร Meningkatkan
kerjasama dengan masyarakat dalam rangka mencapai tujuan sekolah.
IV . TUJUAN
1.Memberikan pengetahuan
akademik serta umum kepada peserta didik guna melanjut
Kan kejenjang yang lebih tinggi.
2.Memberikan
ketrampilan/kecakapan hidup untuk kemandirian diri dan lingkungan
3. Membentuk pribadi
peserta didik yang berbudi pekerti luhur.
4. Mewujudkan pribadi
yang beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
5. Mendorong peserta
didik untuk belajar mengenal dan menerapkan kemajuan tehnologi.
6. Proporsi lulusan yang
diterima di SMP/MTs mencapai100%
7. Setiap kegiatan
lomba dapat masuk 10 besar di tingkat kecamatan.
8. Kegiatan
keagamaan, kepramukaan, dan sikap kedisiplinan sekolah semakin meningkat
9. Hubungan antara sekolah dan
masyarakat semakin kondusif.
VI.KEADAAN
SISWA SELAMA 3 (TIGA) TAHUN TERAKHIR
|
Kls
|
TahunPelajaran
|
|
2012/2013.
|
2013/2014
|
2014/2015
|
|
L
|
P
|
J
|
L
|
P
|
JUML
|
L
|
P
|
JUML
|
|
I
|
29
|
20
|
49
|
27
|
16
|
43
|
26
|
16
|
42
|
|
II
|
22
|
24
|
46
|
29
|
20
|
49
|
31
|
13
|
44
|
|
III
|
14
|
18
|
32
|
18
|
22
|
40
|
23
|
21
|
44
|
|
IV
|
19
|
26
|
45
|
15
|
19
|
34
|
18
|
21
|
39
|
|
V
|
23
|
21
|
44
|
19
|
25
|
44
|
13
|
19
|
32
|
|
VI
|
21
|
12
|
33
|
21
|
21
|
42
|
19
|
25
|
44
|
|
Jml
|
128
|
121
|
249
|
129
|
123
|
252
|
130
|
115
|
245
|
VII.
HASIL KELULUSAN 3 (TIGA) TAHUN TERAKHIR
|
NO
|
TahunPel
|
Nilai Rata-Rata Tiap Mapel
|
%lulus
|
|
Agm
|
PKn
|
B.Ind
|
Mat
|
IPA
|
IPS
|
SBK
|
OR
|
Mlk
|
|
1
|
2012/2013
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
100%
|
|
2
|
2013/2014
|
7.95
|
7.34
|
8.48
|
5.98
|
6.84
|
7.96
|
7.69
|
7.69
|
7.92
|
100%
|
|
3
|
2014/2015
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
100%
|
VII. DATA MELANJUTKAN 3 (TIGA) TAHUN TERAKHIR
|
NO
|
TahunPElajaran
|
JumlahSiswa
|
JumlahSiswa Yang Melanjutkan
|
|
L
|
P
|
JML
|
SMP Negeri
|
SMP Swasta
|
MTs
/ Mondok
|
|
1
|
2012/2013
|
21
|
12
|
33
|
15
|
-
|
18
|
|
2
|
2013/2014
|
21
|
21
|
42
|
9
|
-
|
32
|
|
3
|
2014/2015
|
|
|
|
|
|
|
VIII. GEDUNG SD
Bangunan
dan sarana / prasaranagedung SD terdiri :
3.1 Ruang kelas = 6
3.2 Ruang Kepala Sekolah = 1
3.3 Ruang guru = 1
3.4 Ruang perpustakaan = 1
3.5 Ruang laboratorium / Alat Peraga = 1
3.6 Ruang Komputer = 1
3.7 Ruang UKS = 1
3.8 Ruang kamar mandi = 1
3. 10 Ruang WC = 3
3.11 Ruang Kantin = 1
3.12 Masjid / Musholla = 1
IX. RUMAH DINAS
4.1 Rumah
DinasPenjaga = 1
SUMBER DAYA
MANUSIA
Sumber daya manusia yang dimiliki
cukup baik, memadai dan potensial seperti siswa yang banyak berpotensi yang
didukung dengan pengajar yang juga berwawasan luas dan berpotensi. Selain itu
didukung dengan adanya Komite Sekolah yang terdiri dari tokoh masyarakat
Karangjati dan sekitarnya .
X. PRESTASI SEKOLAH
|
NO
|
TAHUN
PELAJARAN
|
CABANG LOMBA
|
JUARA
TINGKAT
|
|
|
|
|
KEC.
|
KAB.
|
PROV.
|
NAS.
|
INTR
|
|
|
2012/2013
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
Murotal (Pa)
|
II
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
2.
|
Murotal (Pi)
|
II
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
3.
|
SeniTilawatil
|
I
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
4.
|
Khot
|
II
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
5.
|
Kaligrafi (Pa)
|
I
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
6.
|
Kaligrafi (Pi)
|
II
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
7.
|
BuluTangkis
|
III
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
8.
|
LCC
|
III
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
9.
|
KreatifitasSiswa(Gambar)
|
III
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
10
|
Sepakbola
|
-
|
I
|
-
|
-
|
-
|
|
11.
|
Sepakbola
|
-
|
-
|
I
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2013/2014
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
PekanSeni (Lukis)
|
I
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
2.
|
Nyanyitunggal
|
III
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
3.
|
LCC
|
III
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
4
|
Khitobah
|
III
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
5.
|
MacapatIslami
|
III
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
6.
|
SiswaBerpristasi
|
III
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
7.
|
OSN Matematika
|
I
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
8.
|
Prajuritan
|
II
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
9.
|
O2SN (L)
|
-
|
II
|
-
|
-
|
-
|
|
10
|
O2SN (L)
|
-
|
III
|
-
|
-
|
-
|
|
11.
|
O2SN (P)
|
-
|
III
|
-
|
-
|
-
|
|
|
2014/2015
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
PAI (Putri)
|
II
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
2.
|
PAI (Putra)
|
II
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
3.
|
Khot Kaligrafi (Pa)
|
II
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
4.
|
Khot Kaligrafi (Pi )
|
II
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
XI. PARTISIPASI MASYARAKAT
Partisipasimasyarakat yang sangat baik dengan disambutnya setiap
program yang direncanakan maupun yang sedang dilaksanakan karena masyarakatnya
yang merasa memiliki, mencintai dan merupakan kebanggaan.
XIII. PROGRAM JANGKA MENENGAH ( 2012 s/d 2015 )
Untuk mencapai tujuan dengan motto : “Hari esok harus lebih baik dari hari yang sekarang”
1.
Terjadi peningkatan nilai rata-rata sekolah dari semester I s/d II pada tiap tahunnya.
2.
Terjadi peningkatan rata-rata nilai akademik penentu lulusan tahun 2012 /
2013 dst, sehingga dapat masuk sekolah lanjutan yang unggul./ faforit
3.
Menggapai kejuaraan lomba Mapel,
keagamaan dan Porseni di tingkat kecamatan sampai ke tingkat Kabupaten
4.
Memilikipesertasenamlantai
yang mampumengikutilombasetingkatkabupaten.
XIV. PROGRAM PILIHAN DAN UNGGULAN RUTIN
PROGRAM PILIHAN DAN UNGGULAN TERSEBUT SUDAH MENDAPAT
TANGGAPAN YANG POSITIF DARI WALI MURID DAN
MASYARAKAT DALAM HAL:
1.
Mujahadah setiap menjelang Ujian Akhir Sekolah, dapat
mendidik masyarakat, murid, wali murid dengan tepat dan sesuai dengan kondisi
masyarakat yang agamis.
2.
Kegiatan Pesantren Kilat setiap bulan Ramdahan
3. Kegiatanbukabersama di
bulan Ramadhan yang dilengkapi dengan kegiatan Tarawih bersama.
4. Kegiatan Wisata kelasVI setiap akhir Tahun Pelajaran setelah siswa melaksanakan ujian sebagai upaya untuk refresing/penyegaran sertas meningkatkan wawasan dan Ilmu Pengetahuan
.
XV.
PROGRAM KE DEPAN
Inginmencetak
/ merubah peta prestasi dengan menjadikan SDN Karangjati04 memilik inilai plus yaitu
:
Unggul dalam mutu pendidikan dan prestasi akademik baik yang
bersifat edukatif maupun yang bersifat non-edukatif.
Bisadibanggakan dan dicintai serta disegani oleh masyarakat karena dapat memenuhi tuntutan jaman & perkembangannya
XVI. PROGRAM PENINGKATAN MUTU
PENDIDIKAN
1. Peningkatanmutu proses belajarmengajar
:
a. Membiasakantertibwaktumengajar
b. Peningkatan
supervise dan monitoring
c. Penyediaan bahan ajar dan alat pelajaran yang
diperlukan
Mengoptimalkan sumber daya manusia dan sumber alam yang
ada :
a. Penanaman rasa cinta terhadap pekerjaan
b. Menganjurkan untuk memenuhi kwalifikasi guru
dengan studi lanjut
c. Bisa memanfaatkan bahan ajar , alat pelajaran
yang disediakan
d. Menggunakan benda-benda di lingkungan sekolah
sebagai alat peraga
Menciptakan suasana kondusif di dalam warga sekolah
a. Menciptakansuasanasejukdiantarawargasekolah
b. Menciptakanjalinankekeluargaan yang akrab
c. Saling membantu dan saling mengasihi antar
warga sekolah
Menciptakan sekolah sebagai pusat belajar dan budaya yang
nyaman
a. Membentukkelompokbelajar
b. Membentuk tutor sebaya
c. Membiasakansiswaberlakusantun
d. Siswadibiasakanmenghormatipendapat orang lain
Menambah
jam tatapmuka / tambahanpelajaran (Les)
Memotivasipendayagunaanperpustakaan
Denganmelengkapidanmenambahkoleksibukubacaandanmemotivasianakuntukgemarmembaca.
Melaksanakan PAKEM
( Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenagkan )
Dengan menggunakan
media pembelajaran yang ada dan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran.
Memotivasi tenaga pengajar dengan berbagai kegiatan :
KKG, Diklat,Seminar,Lokakarya, Diskusi Ilmiah.
Peningkatan
Kesenian :
a. Menyelenggarakan Ekstra Kurikuler
b. Mengikuti Lomba Seni
c. Mengadakan
/ mengikuti Pentas Seni
PeningkatanOlah
Raga
a. MelaksanakanlatihanOlah Raga ( Atletik,
Senamlantai) setiaphariSabtusecara
routine di luar jam pelajaran
b. Mengikutilomba / pertandinganbaik di
tingkatDabin ,GugusdanKecamatan
Peningkatan
5 K
Keamanan
Kebersihan
Keindahan
Kekeluargaan
Kerindangan
Peningkatan 6 T
a. TertibWaktu
b. TertibKeuangan
c. TertibAdministrasi
d. TertibMengajar
e. TertibBerpakaian
f. TertibLingkungan
Bergas, 14 Juli 2014
KepalaSekolah SDN Karangjati 04
Yamtini,S.Pd.SD
NIP.19660112 199103 2 007