0
PROFIL SEKOLAH
           
I.    IDENTITAS SEKOLAH
1. NamaSekolah                           : SD NegeriKarangjati 04
2. NSS                                          : 1010 32213081
3. Provinsi                                     : Jawa Tengah
4. Kecamatan                                : Bergas
5. Desa / Kelurahan                     : Karangjati
6. Jalan / Nomor                          : -
7. Kode Pos                                  : 50552
8. Telepon                                    : 0298 – 525439
9. Satus Sekolah                         : Negeri
10. Kelompok Sekolah               : SD Imbas
11. Akreditasi                               : A
12. No.Akte Pendirian                : No. 421.2/ neg/07743/1995
13. Penerbit SK ditandatangani     : Gubernur
14. Tahun Berdiri                        : Tahun 1995
15. Tahun Perubahan                   : Tahun 1995
16. Kegiatan Pembelajaran          : Pagi
17. Luas Tanah Sekolah              :  2390 M2
Tanah yang dikelola SD Negeri Karangjati 04 untuk :
        Bangunan SD dan sarana / prasaranalainnya
        Rumah Dinas Penjaga.

II.    VISI :” BERPRISTASI TINGGI BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA “
III.    MIISI : 
  1. Ø  Taqwa kepada Tuhan YME serta berbudi luhur melalui pendidikan agama.
  2. Ø  Memberdayakan pembelajaran yang efektif, kreatif, aktif,dan menyenangkan untuk  mencapai prestasi.
  3. Ø  Mengintensifkan pengembangan ketrampilan hidup untuk kemandirian peserta didik.
  4. Ø  Menciptakan suasana kondusif dalam membentuk pribadi peserta didik yang  berlandaskan iman dan taqwa.
  5. Ø  Memperkenalkan sarana tehnologi modern untuk menuju era globalisasi.
  6. Ø  Meningkatkan kerjasama dengan masyarakat dalam rangka mencapai tujuan sekolah.

IV  . TUJUAN
1.Memberikan pengetahuan akademik serta umum kepada peserta didik guna melanjut
   Kan kejenjang yang lebih tinggi.
            2.Memberikan ketrampilan/kecakapan hidup untuk kemandirian diri dan lingkungan
            3. Membentuk pribadi peserta didik yang berbudi pekerti luhur.
            4. Mewujudkan pribadi yang beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
            5. Mendorong peserta didik untuk belajar mengenal dan menerapkan kemajuan tehnologi.
            6. Proporsi lulusan yang diterima di SMP/MTs mencapai100%
            7. Setiap kegiatan lomba dapat masuk 10 besar di tingkat kecamatan.
8. Kegiatan keagamaan, kepramukaan, dan sikap kedisiplinan sekolah semakin meningkat
9. Hubungan antara sekolah dan masyarakat semakin kondusif.




VI.KEADAAN SISWA SELAMA 3 (TIGA) TAHUN TERAKHIR

Kls
TahunPelajaran
2012/2013.
2013/2014
2014/2015
L
P
J
L
P
JUML
L
P
JUML
I
29
20
49
27
16
43
26
16
42
II
22
24
46
29
20
49
31
13
44
III
14
18
32
18
22
40
23
21
44
IV
19
26
45
15
19
34
18
21
39
V
23
21
44
19
25
44
13
19
32
VI
21
12
33
21
21
42
19
25
44
Jml
128
121
249
129
123
252
130
115
245








VII. HASIL KELULUSAN 3 (TIGA) TAHUN TERAKHIR
NO
TahunPel
Nilai Rata-Rata Tiap Mapel
%lulus
Agm
PKn
B.Ind
Mat
IPA
IPS
SBK
OR
Mlk
1
2012/2013









100%
2
2013/2014
7.95
7.34
8.48
5.98
6.84
7.96
7.69
7.69
7.92
100%
3
2014/2015









100%


VII.  DATA MELANJUTKAN 3 (TIGA) TAHUN TERAKHIR
NO
TahunPElajaran
JumlahSiswa
JumlahSiswa Yang Melanjutkan
L
P
JML
SMP Negeri
SMP Swasta
MTs
/ Mondok
1
2012/2013
21
12
33
15
      -
18
2
2013/2014
21
21
42
9
-
32
3
2014/2015









VIII. GEDUNG SD
Bangunan dan sarana / prasaranagedung SD terdiri :
3.1   Ruang kelas                                                           =  6
3.2   Ruang Kepala Sekolah                                          =  1
3.3   Ruang guru                                                            =  1
3.4   Ruang perpustakaan                                              =  1
3.5   Ruang laboratorium / Alat Peraga                         =  1
3.6   Ruang Komputer                                                    =  1
3.7   Ruang UKS                                                            =  1
3.8   Ruang kamar mandi                                              =  1
3. 10  Ruang WC                                                           =  3
3.11 Ruang Kantin                                                         =  1
3.12 Masjid / Musholla                                                   =  1

IX. RUMAH DINAS
4.1  Rumah DinasPenjaga                                                   =  1







SUMBER DAYA MANUSIA
            Sumber daya manusia yang dimiliki cukup baik, memadai dan potensial seperti siswa yang banyak berpotensi yang didukung dengan pengajar yang juga berwawasan luas dan berpotensi. Selain itu didukung dengan adanya Komite Sekolah yang terdiri dari tokoh masyarakat Karangjati dan sekitarnya .

X. PRESTASI SEKOLAH
NO
TAHUN PELAJARAN
CABANG LOMBA
JUARA TINGKAT



KEC.
KAB.
PROV.
NAS.
INTR







2012/2013






1.
Murotal (Pa)
II
-
-
-
-
2.
Murotal (Pi)
II
-
-
-
-
3.
SeniTilawatil
I
-
-
-
-
4.
Khot
II
-
-
-
-
5.
Kaligrafi (Pa)
I
-
-
-
-
6.
Kaligrafi (Pi)
II
-
-
-
-
7.
BuluTangkis
III
-
-
-
-
8.
LCC
III
-
-
-
-
9.
KreatifitasSiswa(Gambar)
III
-
-
-
-
10
Sepakbola
-
I
-
-
-
11.
Sepakbola
-
-
I
-
-














2013/2014






1.
PekanSeni (Lukis)
I
-
-
-
-
2.
Nyanyitunggal
III
-
-
-
-
3.
LCC
III
-
-
-
-
4
Khitobah
III
-
-
-
-
5.
MacapatIslami
III
-
-
-
-
6.
SiswaBerpristasi
III
-
-
-
-
7.
OSN Matematika
I
-
-
-
-
8.
Prajuritan
II
-
-
-
-
9.
O2SN (L)
-
II
-
-
-
10
O2SN (L)
-
III
-
-
-
11.
O2SN (P)
-
III
-
-
-








2014/2015






1.
PAI (Putri)
II
-
-
-
-
2.
PAI (Putra)
II
-
-
-
-
3.
Khot Kaligrafi  (Pa)
II
-
-
-
-
4.
Khot Kaligrafi  (Pi )
II
-
-
-
-




























































XI. PARTISIPASI MASYARAKAT
            Partisipasimasyarakat yang sangat baik dengan disambutnya setiap program yang direncanakan maupun yang sedang dilaksanakan karena masyarakatnya yang merasa memiliki, mencintai dan merupakan kebanggaan.

XIII.   PROGRAM JANGKA MENENGAH  ( 2012 s/d 2015 )


Untuk mencapai tujuan dengan motto : “Hari esok  harus lebih baik dari hari yang sekarang”
1.    Terjadi peningkatan nilai rata-rata sekolah dari  semester I s/d II pada tiap tahunnya.
2.    Terjadi peningkatan rata-rata nilai akademik penentu lulusan tahun 2012 / 2013 dst, sehingga dapat masuk sekolah lanjutan yang  unggul./ faforit
3.    Menggapai   kejuaraan lomba Mapel, keagamaan dan Porseni di tingkat kecamatan sampai ke tingkat Kabupaten
4.     Memilikipesertasenamlantai yang mampumengikutilombasetingkatkabupaten.


XIV. PROGRAM PILIHAN DAN UNGGULAN RUTIN

PROGRAM PILIHAN DAN UNGGULAN TERSEBUT SUDAH MENDAPAT TANGGAPAN YANG POSITIF DARI WALI MURID DAN  MASYARAKAT DALAM HAL:

1.    Mujahadah setiap menjelang Ujian Akhir Sekolah, dapat mendidik masyarakat, murid, wali murid dengan tepat dan sesuai dengan kondisi masyarakat yang agamis.
2.    Kegiatan Pesantren Kilat setiap bulan Ramdahan
3.    Kegiatanbukabersama di bulan Ramadhan yang dilengkapi dengan kegiatan Tarawih bersama.
4.    Kegiatan Wisata kelasVI setiap akhir Tahun Pelajaran setelah siswa melaksanakan ujian sebagai upaya untuk refresing/penyegaran sertas meningkatkan wawasan dan Ilmu Pengetahuan .


XV. PROGRAM KE DEPAN

Inginmencetak / merubah peta prestasi dengan menjadikan SDN Karangjati04 memilik inilai plus yaitu :
Unggul dalam mutu pendidikan dan prestasi akademik baik yang bersifat edukatif maupun yang bersifat non-edukatif.
Bisadibanggakan dan dicintai serta disegani oleh masyarakat karena dapat memenuhi tuntutan jaman & perkembangannya

XVI. PROGRAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
                              
1.  Peningkatanmutu proses belajarmengajar :
a.  Membiasakantertibwaktumengajar
b.  Peningkatan supervise dan monitoring
c. Penyediaan bahan ajar dan alat pelajaran yang diperlukan

Mengoptimalkan sumber daya manusia dan sumber alam yang ada :
a.  Penanaman rasa cinta terhadap pekerjaan
b.  Menganjurkan untuk memenuhi kwalifikasi guru dengan studi lanjut
c.  Bisa memanfaatkan bahan ajar , alat pelajaran yang disediakan
d.  Menggunakan benda-benda di lingkungan sekolah sebagai alat peraga

Menciptakan suasana kondusif di dalam warga sekolah
a.  Menciptakansuasanasejukdiantarawargasekolah
b.  Menciptakanjalinankekeluargaan yang akrab
c.  Saling membantu dan saling mengasihi antar warga sekolah

Menciptakan  sekolah sebagai pusat belajar dan budaya yang nyaman
a.  Membentukkelompokbelajar
b.  Membentuk tutor sebaya
c.  Membiasakansiswaberlakusantun
d.  Siswadibiasakanmenghormatipendapat orang lain

Menambah jam tatapmuka / tambahanpelajaran (Les)

Memotivasipendayagunaanperpustakaan
Denganmelengkapidanmenambahkoleksibukubacaandanmemotivasianakuntukgemarmembaca.

Melaksanakan PAKEM ( Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenagkan )
Dengan menggunakan media pembelajaran yang ada dan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran.

Memotivasi tenaga pengajar dengan berbagai kegiatan :
KKG, Diklat,Seminar,Lokakarya, Diskusi Ilmiah.

Peningkatan Kesenian :
a.  Menyelenggarakan Ekstra Kurikuler
b.  Mengikuti Lomba Seni
c.  Mengadakan  / mengikuti Pentas Seni

PeningkatanOlah Raga
a.  MelaksanakanlatihanOlah Raga ( Atletik, Senamlantai)  setiaphariSabtusecara routine di luar jam pelajaran
b.   Mengikutilomba / pertandinganbaik di tingkatDabin ,GugusdanKecamatan

Peningkatan 5 K
Keamanan
Kebersihan
Keindahan
Kekeluargaan
Kerindangan

Peningkatan 6 T
a.  TertibWaktu
b.  TertibKeuangan
c.  TertibAdministrasi
d.  TertibMengajar
e.  TertibBerpakaian
f.   TertibLingkungan

 Bergas, 14 Juli 2014
KepalaSekolah SDN Karangjati 04




Yamtini,S.Pd.SD


NIP.19660112 199103 2 007

Posting Komentar

Add your massage to every single poeple do comment here!

 
Top