0


 PANDUAN TEKNIS

FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N)

JENJANG SEKOLAH DASAR

TINGKAT KORWILCAM BIDANG PENDIDIKAN

KECAMATAN BERGAS

TAHUN 2021


A. LATAR BELAKANG 

Tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana tercantum dalam Undang Undang Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

B. DASAR HUKUM
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah;
3. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan
4. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan

C. TUJUAN
1. Memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik sekolah dasar dalam pengembangan diri
2. Mengekspresikan seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik yang berbasis budaya bangsa;
3. Menumbuhkembangkan daya kreativitas dan motivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya;
4. Menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni, khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa;
5. Menumbuhkembangkan sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi.

D. RUANG LINGKUP 
Ruang Lingkup Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional SD tahun 2021 terdiri atas lima jenis bidang lomba, yaitu:
1. Menyanyi Tunggal (1 orang)
2. Seni Tari (3 orang)
3. Pantomim  (2 orang)
4. Gambar Bercerita (1 orang)
5. Kriya Anyam (1 orang)

E. TEMA 
“Eksplorasi Talenta Seni dan Budaya pada Masa Pandemi untuk Indonesia Pulih”

F. PESERTA
1. Peserta didik SD baik negeri maupun swasta  di wilayah Korwilcambiddik Bergas, Kabupaten Semarang pada tahun pelajaran 2021/2021 dan memiliki NISN.
2. Mendapat persetujuan/ Surat Pernyataan dari orangtua/wali.
3. Setiap peserta didik hanya dapat mengikuti salah satu cabang lomba.
4. Utusan dari setiap sekolah  membawa surat keterangan atau surat tugas  dari  Kepala Satuan Pendidikan.
5. Berusia maksimal kelahiran 1 Januari 2009 dan maksimal duduk di kelas V
            Belum pernah menjadi juara I, II, dan III FLS2N-SD tingkat nasional

G. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
1. Tingkat Kecamatan 
a. Pelaksanaan uploud karya tanggal 26 – 27 Juni 2021
b. Pelaksanaan penilaian tanggal 29 Juni 2021 di Korwilcam biddik Bergas.
2. Tingkat Kabupaten
a. Pelaksanaan upload karya tanggal 3 – 7 Juli 2021
b. Pelaksanaan penilaian tanggal 8 – 9 Juli 2021
3. Temu Teknik
a. Temu Teknik Dewan Juri tingkat Kecamatan tanggal 18 Juni 2021.
b. Temu Teknik Tingkat Kabupaten wajib diikuti Ketua Panitia Kecamatan secara virtual tanggal 2 Juli 2021.

H. SISTEM DAN MEKANISME KOMPETISI
1. Pelaksanaan kompetisi dilaksanakan secara daring.
2. Peserta dapat melaksanakan kompetisi dari rumah atau sekolah dan didampingi oleh orang tua/wali/guru pembimbing dengan protokol kesehatan.
3. Memastikan kondisi peserta sehat untuk mengikuti kompetisi. 
4. Menyiapkan perlengkapan kompetisi : komputer/gadget, smartphone, jaringan internet, dsb.


PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN
FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N)

A. MENYANYI TUNGGAL
1. Pengertian
Menyanyi Tunggal adalah menyanyi seorang diri dengan atau tanpa iringan musik. Lomba Menyanyi Tunggal merupakan salah satu wadah untuk menyalurkan minat dan bakat dalam seni olah vokal. Adanya kegiatan lomba ini, diharapkan dapat mengembangkan karakter siswa dalam hal kreativitas, percaya diri, saling menghargai, jujur, disiplin, bertanggung jawab dan dapat bekerja sama.

2. Materi Lomba
a. Lagu Wajib “ Indonesia Jaya’ ciptaan Chaken M.

b. Lagu Pilihan Wajib
1) “Kembali ke Sekolah”, ciptaan Elfa Secioria/Vera Sylvina.
2) “Irama Desa”, ciptaan Iskandar/Mochtar Embut.
3) “Gelora Ombak ”, ciptaan Sancaya HR.
4) “Lagu Cinta Untuk Mama ”, ciptaan Selly T Pontoh

c. Lagu Pilihan Bebas
Lagu pilihan bebas adalah lagu daerah yang dipilih dan dipersiapkan oleh peserta sesuai dengan daerahnya masing-masing yang liriknya sesuai usia peserta.
Menggunakan bahasa daerah setempat.
Bertema permainan anak, cerita daerah rakyat setempat, cinta orangtua, cinta lingkungan dan cinta tanah air.
Durasi lagu termasuk intro dan coda maksimal 3 menit.

3. Iringan Lagu
a. Peserta menyanyikan lagu dengan iringan yang disediakan sendiri atau:
b. Iringan dapat diunduh nelalui laman : Youtobe Pusat Prestasi Nasional atau laman sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id atau klik link di bawah ini :
https://youtobe.com/playlist?list=PL6fo1I2HL7bq1dVoLdEqPYmR5otb_Tb36
c. Partiture lagu wajib dapat diunduh pada laman :
sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

4. Kriteria Penilaian
Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan aspek:
a. Materi vokal (materi suara, sonoritas) 25%
b. Teknik (pernafasan, intonasi, phrasering, artikulasi, attack/ ending, resonansi) 25%
c. Ekspresi/penjiwaan (dinamika, tempo, ketepatan interpretasi lagu, penghayatan, musikalitas) 40%
d. Penampilan (kedisiplinan, penguasaan panggung, kerapian) 10%

5. Video
a. Peserta mengirimkan video bernyanyi dalam posisi landscape dengan single kamera Smartphone/HP yang mengarah ke penyanyi.
b. Tampilan gambar pada video memperlihatkan seluruh badan (dari kepala hingga kaki) dengan jarak kamera kurang lebih 2 meter.
c. Perekaman gambar pada video dilakukan dalam 1 kali rekam (One Take) , tidak menggunakan mic dan tidak diperbolehkan melakukan proses editing melalui aplikasi atau software apapun.
d. Video yang dibuat beresolusi tinggi HD (720p).
e. Video peserta digabungkan menjadi satu dengan video iringan.
f. Dalam video rekaman menyanyi diberi keterangan nama peserta, judul lagu, nama sekolah.
g. Pakaian mengenakan pakaian bercorak kedaerahan , misalnya batik/songket/tenun, asesoris disesuaikan pakaian anak, estetika serta tidak membatasi ruang gerak dalam penampilan.



6. Penentuan Kejuaraan
a. Penentuan dan penetapan juara I, II, III berdasarkan nilai akumulasi penilaian semua juri;
b. Juara I akan mewakili Kecamatan Bergas , maju di Tingkat Kabupaten Semarang.
c. Keputusan Juri tidaka dapat diganggu gugat.


B. SENI TARI
1. Tema
Peserta memilih salah satu tema dan mengaplikasikan dalam bentuk tari :
a. Anak dan Tradisi keluarga
Merupakan tradisi keluarga terdahulu atau tradisi baru keluarga di masa pandemic. Bagaimana anak melakukan pembiasaan melihat, merespon serta berimajinasi tentang nilai-nilai tradisi keluarga.  Contoh: tradisi makan, tradisi bekerjasama, dan tradisi religiusitas.
b. Kepekaan anak terhadap lingkungan sosial dalam kehidupan kesehariannya.
Merupakan aktifitas dan kepedulian sosial yang dilakukan anak-anakdi dalam kesehariannya sebelum masa pandemic dan di masa pandemic. Bentuk respon anak sebelum masa pandemic dan di masa pandemic.

2. Materi
a. Materi gerak inspirasi dari tradisi local,
b. Materi kostum, property tari sesuai sesuai dengan tema berdasarkan inspirasi kearifan local.
c. Lokasi peristiwa tari sesuai tema dan spesifik daerah setempat (di rumah dan atau sekitar lingkungan rumah)
d. Materi musik atau bunyi merupakan inspirasi kekayaan radisi lokal.

3. Video
a. 1 Tim terdiri dari 3 orang penari
b. Setiap Tim boleh terdiri atas laki-laki, perempuan atau campuran.
c. Karya tari berupa video. Hasil rekaman audio visual harus terdengar dan terlihat jelas.
d. Komposisi dan komunikasi gerak tetap memperhatikan prokes.
e. Mengirimkan lampiran1 File PDF yg berisi judul karya,synopsis, nama koreografer/penata tari, nama penari dan foto dengan menggunakan kostum tari ukuran postcard, composer/penata musik, dan videographer.
f.   Durasi video maksimal 5 menit tidak termasuk synopsis dalam format Hi-resolusion 1080 p.
g. Pengolahan gerak menggunakan pijakan gerak tari tradisi Indonesia yang sudah dikembangkan sesuai tema.
h. Judul dan synopsis ditayangkan di awal video.
i.    Lokasi pertunjukan karya bisa di rumah atau lokasi yg sesuai tema.
4. Musik
Musik tidak melanggar copyright pada platform streaming apapun.

5. Pakaian
a. Kostum tari disesuaikan tema, lokasi pengambilan gambar dan usia peserta.
b. Properti tari tidak menggunakan benda tajam, berupa imitasi dari bahan lunak dan aman .

6. Pelaksanaan
a. Peserta memilih salah satu tema dan membuat video tari dalam bentuk mp4.
b. Peserta mengunggah video ke google drive. Nama file mencakup unsur : bidang lomba, nama sekolah, kecamatan (SENITARI SD_NAMA SD_NAMA KECAMATAN)
c. Video di google drive tidak diprivasi dengan cara klik kanan video, pilih “bagikan” dan “ubah ke siapa saja yang memiliki link”
d. Peserta mengirimkan link google drive ke laman panitia.
e. Tim juri melaksanakan penilaian dan menentukan juara I, II, III.
f. Juara I berhak maju di tingkat kabupaten.

7. Aspek Penilaian
Aspek penilaian terdiri atas:
a. Kesesuaian lokasi / tempat pertunjukan dengan Tema. 15%
b. Koreografi. 25%
c. Tema (penerapan inovasi tema dalam karya tari dan kesesuaian tema secara visual dalam karya tari). 20%
d. Penampilan utuh / performance (penyampaian dan penghayatan penari, kesesuaian musik tari, kesesuaian tata rias dan busana dengan tema karya) 10%
e. Kreativitas perekaman video. 30%

8. Penentuan Juara
a. Penentuan dan penetapan juara I, II, III berdasarkan nilai akumulasi penilaian semua juri;
b. Juara I akan mewakili Kecamatan Bergas , maju di Tingkat Kabupaten Semarang.
c. Keputusan Juri tidaka dapat diganggu gugat.


C. LOMBA PANTOMIM

1. Tema
a. ‘TETAP SEMANGAT” imajinasi anak tentanf arti optimism menyongsong INDONESIA PULIH

2. Materi
a. Berakar pada budaya bangsa Indonesia dan tidak menyinggung PARAS (Pornografi, Agama, Ras, Antar Golongan dan suku)
b. Materi video harus jelas dan terang, ekspressi dan gerak tubuh pesrta kelihatan jelas.
c. Peserta berupa group terdiri dari 2 orang, boleh laki-laki, perempuan atau campuran.
d. Peserta wajib membuat synopsis pantomim.
e. Salah satu pesserta wajib membuat video perkenalan kelompoknya dan menjelaskan tema karya secara singkat durasi 1 menit.

3. Video
a. Video format akhir dalam bentuk mp4.
b. Video harus berwarna, tidak boleh hitam putih.
c. Lokasi pengambilan video di tempat masing-masing peserta.
d. Peserta mengirim 1 video terdiri atas : 1. video pengenalan dan tema,  2. Video karya pantomime. (Apabila siswa terpisah dalam lokasi pengambilan video, maka  diedit digabung)
e. Durasi video  lebih kurang 5 menit sudah termasuk pengenalan dan tema.
       ( durasi maksimal 7 menit)
f. Durasi tidak mempengaruhi penilaian.

4. Iringan Musik
Disiapkan peserta dan tidak boleh menggunakan karya musik berhak cipta tanpa izin (Copyright)

5. Kostum
a. Peserta wajib menggunakan kostum berunsur tradisi daerah masing-masing.
b. Kostum dan make up disiapkan peserta.
c. Tidak diperbolehkan menggunakan property apapun.

6. Pelaksanaan
a. Peserta membuat 1 karya video pantomime dalam bentuk video mp4.
b. Peserta mengunggah video ke google drive dengan nama file : (PANTOMIM SD_NAMA KECAMATAN_NAMA SEKOLAH)
c. Video di google drive tidak diprivasi dengan cara klik kanan video, pilih “bagikan” dan “ubah ke siapa saja yang memiliki link”
d. Peserta mengirimkan link google drive ke laman panitia.

7. Penilaian 
a. Konsep (Kreativitas, Daya imajinasi, Kesesuaian Tema)  20%
b. Gerak ( Teknik tubuh, Kelenturan, Harmonisasai)  30%
c. Ekspresi (Mimik wajah, penjiwaan )  30%
d. Wawasan ( Sikap dan penampilan (kotum serta tata rias wajah), kekompakan, ilmu pengetahuan) 20%.
8. Penentuan Juara
a. Penentuan dan penetapan juara I, II, III berdasarkan nilai akumulasi penilaian semua juri;
b. Juara I akan mewakili Kecamatan Bergas , maju di Tingkat Kabupaten Semarang.
c. Keputusan Juri tidaka dapat diganggu gugat.


D. LOMBA KRIYA ANYAM

1. Tema
Kreasi baru kriya anyam diimplementasikan melalui medium kain perca dengan beberapa material lainnya yang ditujukan untuk mengasah kreativitas , ketrampilan, ketekuna, ketelitian dengan nilai inovatif  yang berkarakter serta membangkitkan cinta budaya tradisi dan kepedulian terhadap lingkungan.

2. Materi Lomba

Karya Kriya Anyam pada lomba ini dibuat menggunakan material kain perca (kain sisa guntingan, kain bekas pakai, lawasan, dll) bisa dikombinasikan menggunakan berbagai material pendukung (kayu, bamboo, benda2 limbah yang ada di sekitar bukan barang jadi misalnya rangka besi yang sudah jadi). Kain perca lalu diolah sedemikian rupa (dipilin, atau digulung, atau dilapis-lapis, atau dikepang, dan lain sebagainya cara yang memungkinkan dapat diterapkan sesuai kreasi masing-masing) untuk digunakan menjadi bahan dasar anyam, yang disisipi di antaranya, atau memanfaatkan benda atau material lainnya.
Bentuk karya Kriya Anyam berupa produk fungsional sederhana, inovatif, estetik, dan orisinal, merupakan hasil eksplorasi atau pengolahan material yang optimal meliputi karakteristik bahan, warna, dan tekstur, serta teknik pengolahan tertentu. 
Ketentuan ukuran karya maksimal sebagai berikut: 
Panjang :  40 cm 
Lebar :  40 cm 
Tinggi :  40 cm 
Keterangan tambahan: Ukuran karya tersebut di atas boleh lebih kecil atau lebih besar sedikit disesuaikan dengan proporsi produk karya yang di buat. 
3. Video 
a) video proses pembuatan produk kriya anyam durasi 5 menit, dengan menampilkan proses pengerjaan bagian bagian terpenting pada pembuatan, untuk diunggah melalui sistem aplikasi lomba.
b) Video di unggah ke Google Drive masing-masing peserta dengan memperhatikan alur visual video sebagai berikut: 
• gambar keseluruhan anak sedang menganyam. 
• wajah anak. 
• material yang sudah disiapkan 
• tangan anak yang sedang menganyam, 
• sorotan khusus produk anyaman dari berbagai sudut sebagai prioritas. 
• kembali ke gambar keseluruhan - anak sedang menganyam 
4. Foto 
a) Foto karya yang terdiri dari : 
i. foto tampak depan;
ii. tampak samping; 
iii. tampak bawah;
iv. tampak atas dan; 
v. beberapa detail sudut atau tepi atau kuncian anyaman yang dibuat pada satu halaman foto.
b) Jika karya adalah sebuah set produk yang terdiri dari beberapa bagian benda, maka foto-foto poin a) di atas adalah pemotretan beberapa bagian produk yang difoto bersamaan - disandingkan di dalam satu foto saja.
c) Semua foto dibuat ke dalam satu file PDF.
5. . Pelaksanaan
1) Peserta membuat video proses, foto karya kriya anyam
2) Peserta babak penyisihan mengunggah video karya ke Google Drive masing-masing dengan nama file mencakup unsur: bidang lomba, nama sekolah, kecamatan             ( KRIYA ANYAM _ SD_ NAMA_ KECAMATAN_)
3) Video di Google Drive tidak diprivasi dengan cara klik kanan video, pilih “bagikan” dan klik “ubah ke siapa saja yang memiliki link”.
4) Peserta mengunggah 1 file PDF dan menyematkan link Google Drive ke laman panitia
6. Aspek Penilaian
Aspek penilaian terdirinatas
a. Kreatifitas   ( Inovasi dan memiliki kebaruan) 30%
b. Bentuk ( Unik ,Artistik, dan Presisi) 30 %
c. Tehnis ( kemampuan menguasai dan mengelola material serta kemampuan menangani kesulitan terkait kerumitan anyamam)25%
d. Manfaat ( Memiliki nilai guna/dan bernilai ekonomi) 15%

7. Penentuan Juara
a. Penentuan dan penetapan juara I, II, III berdasarkan nilai akumulasi penilaian semua juri;
b. Juara I akan mewakili Kecamatan Bergas , maju di Tingkat Kabupaten Semarang.
c. Keputusan Juri tidaka dapat diganggu gugat
E. GAMBAR BERCERITA

1. Tema
1)   Tema Gambar Hitam Putih “Semangat dan kebahagiaan siswa-siswi Sekolah Dasar tampak pada hari pertama bersekolah, setelah pemerintah mengumumkan Indonesia sudah terbebas dari wabah pendemi Covid 19. Sepanjang perjalanan menuju sekolah mereka bercanda, bercengkrama dan melepas rindu bersama teman-temanya yang sudah lama tidak berjumpa”. Gambarkan suasana kebahagiaan tersebut. 
2)  Tema Gambar Berwarna “Akibat pandemik covid-19 selama satu tahun lebih aktivitas sekolah dilakukan secara daring yang membuat sebagian besar siswa merindukan belajar dan bertemu teman-teman sekolahnya. Andaikan tahun 2021 pemerintah mengumumkan Indonesia sudah terbebas dari wabah pendemi tersebut, beberapa sekolah akan menyambutnya dengan menggelar kesenian daerah yang dilakukan oleh anakanak sekolah setempat. Gambarkan suasana perayaan tersebut.

2. Materi Lomba
a) Gambar Hitam Putih di atas kertas ukuran A3, dengan media: pensil, spidol, drawing pen, tinta dll (pilih salah satu atau mix media) 
b) Gambar Berwarna di atas kertas ukuran A3 dengan media: crayon, cat air, pensil warna atau mix media (pilih salah satu atau mix media) 

3. Foto Karya 
a) Gambar tidak mengandung unsur SARA, Pornografi, Provokatif, dan Politik
b) Foto (kualitas foto harus dengan resolusi terbaik/tinggi) berupa: 
Foto karya hitam putih, foto karya berwarna dan foto identitas karya masing-masing satu frame penuh, tanpa dipegang 
Foto peserta sedang memegang karya : 
i. Bagian depan menunjukkan karya peserta 
ii. Belakang yang berisi : nama, kelas, nama sekolah, asal kabupaten/kota, provinsi, dan judul karya gambar.
4. Video 
       Video proses berkarya dengan ketentuan sbb: 
a) Video persiapan sedang membuat Gambar Bercerita pada tahap awal (30 detik) dengan tampilan close up/zoom karya, wajah dan seluruh tubuh 
b) Video pada saat membuat Gambar Bercerita setelah mencapai 50 % (30 detik) dengan tampilan close up/zoom karya, wajah dan seluruh tubuh 
c) Rekaman Gambar Bercerita setelah 80-90 % (30 detik) dengan tampilan close up/zoom karya, wajah dan seluruh tubuh. 65 b.

5. Pelaksanaan  
a) Peserta lomba ditingkat kabupaten membuat karya gambar bercerita berwarna untuk ditingkat provinsi dan nasional membuat karya gambar bercerita  hitam putih dan berwarna
b) Peserta wajib mengirim : 
1) Foto dalam format PDF yang berisi : 
Foto karya hitam putih, foto peserta sedang memegang karya bagian depan dan foto bagian belakang. 
Foto karya berwarna, foto peserta sedang memagang karya bagian depan, dan foto bagian belakang.
2) Video yang berisi : 
Video sedang menggambar karya hitam putih. 
Video sedang menggambar karya berwarna. 
3) Foto dan video tersebut wajib diunggah ke Google Drive masing-masing dengan nama file : (GAMBAR BERCERITA SD_ NAMA KEC _  NAMA SEKOLAH) 
4) Foto dan Video di Google Drive tidak diprivasi dengan cara klik kanan pada file, pilih “bagikan” dan klik “ubah ke siapa saja yang memiliki link”. 
5) Peserta menyematkan masing-masing link foto dan video Google Drive ke laman panitia 
.
6. Aspek Penilaian
a. Kesesuaian Tema dan Cerita 10% 
b. Wawasan/pengetahuan terkait dengan tema yang dipilih 20% 
c. Kreativitas : ide dan mengelola menata seluruh aspek visual 20% 
d. Prinsip estetik : komposisi, irama, kedalaman/dimensi, aksen 20% 
e. Keterampilan menguasai unsur rupa : bentuk, warna, garis dan bidang 20% 
f. Penguasaan medium/alat menggambar 10% 
Range skor : 100 – 1000
7. Penentuan Juara
a. Penentuan dan penetapan juara I, II, III berdasarkan nilai akumulasi penilaian semua juri;
b. Juara I akan mewakili Kecamatan Bergas , maju di Tingkat Kabupaten Semarang.
c. Keputusan Juri tidaka dapat diganggu gugat






F. JUARA DAN HADIAH
1. Penetapan juara FLS2N tahun 2021 berdasarkan nilai hasil penilaian Dewan Juri menentukan Juara I, II, III.
2. Juara I, II, III dari setiap jenis lomba akan diberi hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan.
3. Juara I setiap cabang lomba berhak mewakili di Tingkat Kabupaten.

Bergas. 

Korwilcam Bidang Pendidikan
Kecamatan Bergas
Ketua



Ngatiyah,S.Pd
NIP. 19680919 199803 2 003




Download File

Posting Komentar

Add your massage to every single poeple do comment here!

 
Top